Tingkatkan Pendapatan Masyarakat, Takalar Genjot Program Wirausaha Baru

11
167
Foto Bupati Takalar, Syamsari Kitta,didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Irma Andriani saat menghadiri pelatihan kursus menjahit di Gedung PKK Takalar (11/8).

IntiLiputan.Com, Takalar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar terus menciptakan peluang wirausaha baru sebagai upaya untuk mengurangi angka pengangguran dengan menciptakan wirausaha baru.

Peluang wirausaha baru kali ini adalah wirausaha yang mandiri bagi masyarakat Takalar baik tingkat kabupaten maupun Kecamatan. Seperti yang dilakukan oleh TP-PKK Kabupaten Takalar yang menggelar Pelatihan Kursus Menjahit di Gedung PKK Kabupaten Takalar, Sabtu 11 Agustus 2018.

Kursus menjahit ini juga dihadiri langsung  oleh Bupati Takalar Syamsari Kitta, dan perwakilan dari dinas tenaga kerja (Disnaker) Provinsi Sulsel.

Menurut Ketua TP-PKK Takalar Dr Irma Andriani menjelaskan bahwa dalam program pelatihan kursus menjahit ini pesertanya masing-masing terdiri dari kelompok Kabupaten dan kelompok tiap kecamatan, Satu kelompok terdiri daru 20 orang.

“Kursus menjahit ini kami siapkan 20 unit mesin jahit, jadi setiap perwakilan kecamatan diwakili 1 sampai 2 orang peserta dari 9 kecamatan dan 2 orang peserta dari Kabupaten.”Kata Dr Irma Andriani.

Lanjut kata Irma, bahwa kedepan program kelompok menjahit tidak hanya untuk tingkat kabupaten dan kecamatan saja, melainkan fileprojeck untuk kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K ) di PKK itu sendiri sehingga Nantinya bisa menciptakan lapangan kerja Baru bagi masyarakat tingkat desa/kelurahan, guna Meningkatkan taraf hidup keluarga Itu Sendiri.

“Jadi dengan adanya program menjahit ini dengan pembagian mesin jahit ini dan beberapa peralatan lain dari dinas disnakers provinsi kita harapkan menjadi usaha pendapat keluarga mandiri di bidang menjahit di Tingkat Kabupaten dan kecamatam masing-masing.”Urainya.

“Kedepan setiap kecamatan sudah memiliki yang namanya UP2K menjahit, dan untuk saat ini kami membutuhkan penjahit tas karena kita menginginkan ada produk Takalar dari golongan kerajinan Tangan yang bisa kita promosikan keluar dan kita jual.

Selanjutnya, program ini juga telah sejalan dengan program P22 Bupati dan wakil yaitu bagi mereka yang memiliki kelompok usaha akan diberikan bantuan wirausaha. Jadi dengan adanya UP2K maka bantuan modal usaha bisa diberikan dan otomatis kelompok ini bisa lebih besar modal usahanya begitu juga hasil produksinya bisa lebih meningkat.

“Jadi kelompok UP2K Kabupaten akan melakukan pembinaan kepada UP2K Kecamatan untuk memantau hasil produksinya, dan hasil produksi yang sudah memenuhi syarat standar akan ditampung oleh Kabupaten untuk dititip di showroom dekranasda dan nanti mereka juga yang promosikan kerajinan itu.” tutupnya.

Penulis : SR

Editor : Hizbur

11 COMMENTS

  1. I don’t even know the way I ended up right here, but I assumed this submit was good.

    I don’t realize who you might be but definitely you’re going
    to a well-known blogger when you aren’t already.
    Cheers!

  2. Hello there I am so thrilled I found your website,
    I really found you by error, while I was looking on Bing for something else, Anyways I am here
    now and would just like to say thanks a lot
    for a tremendous post and a all round thrilling
    blog (I also love the theme/design), I don’t have time to browse it all at the moment but I
    have saved it and also added in your RSS feeds, so when I
    have time I will be back to read much more, Please do keep up the superb jo.

  3. Hello! I could have sworn I’ve been to this website before
    but after browsing through many of the articles I realized it’s new to me.
    Anyhow, I’m certainly delighted I stumbled upon it and I’ll be book-marking it and checking back frequently!

  4. Hey there! I know this is somewhat off topic but
    I was wondering which blog platform are you using for this website?
    I’m getting tired of WordPress because I’ve had problems with hackers
    and I’m looking at options for another platform.
    I would be great if you could point me in the direction of a good platform.

LEAVE A REPLY