Kodim 1426 Takalar Tanam Mangrove Cegah Abrasi Pantai

19

INTILIPUTAN, TAKALAR – Komando Distrik Militer (Kodim) 1426 Takalar melaksanakan kegiatan penanaman mangrove (pohon bakau) di pesisir Pantai Takalar Lama, Jumat (23/08/2019). Setidaknya, ada 2.000 bibit ditanam dibantu kepolisian, mahasiswa dan masyarakat setempat.

Dandim 1426 Takalar, Letkol Inf Ilham Yunus, menjelaskan mangrove sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Untuk itu, diimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk memiliki kepedulian untuk menjaga dan melestarikan pohon bakau.

“Pohon bakau mempunyai fungsi dan manfaat yang besar dari berbagai sektor baik fisik, kimia, biologi, ekonomi bahkan bernilai sebagai wisata,” kata Ilham.

Secara fisik, kata Ilham, mangrove dapat menjaga garis pantai agar tidak terjadi abrasi dan mencegah rembesan air laut ke darat. Secara kimia, hutan mangrove mampu mengolah limbah agar pencemaran dapat diminimalisir dan paling utama menghasilkan oksigen.

Secara biologi, pohon bakau menjadi habitat biota darat dan laut dan sebagai daerah asuhan, mencari makan satwa, dan tempat berkembangnya bibit ikan dan tempat berkembang biak fauna. Mangrove selain dapat dijadikan sebagai wahana wisata pantai juga bisa membantu perekonomian masyarakat diwilayah pantai setempat.

“Kebersamaan dari segenap peserta yang terlibat dalam penanaman mangrove akan memacu semangat tidak kenal lelah, apalagi didasari dengan tertanamnya pengertian yang dalam akan manfaat dan kepentingan penanaman mangrove,” ucapnya.(*)