30 Legislator DPRD Takalar Terpilih Ikut Orientasi di Makassar

10

INTILIPUTAN, TAKALAR– Sebanyak 30 anggota DPRD Kabupaten Takalar mengikuti orientasi yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulawesi Selatan di salah satu hotel di Makassar, Senin (2/09/2019). Orientasi diharapkan menjadi bekal bagi legislator dalam menjalankan tugasnya lima tahun kedepan.

“Untuk meningkatkan pemahaman Anggota DPRD dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah,” kata Bupati Takalar, H Syamsari, dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut.

Orientasi bagi wakil rakyat ini telah diatur dalam Permendagri nomor 133 tahun 2017 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Syamsari mengatakan orientasi ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap dan semangat pengabdian wakil rakyat dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah.

“DPRD sebagai mitra pemerintah, diharapkan mampu mengoptimalkan tugas dan fungsinya sesuai konstitusi, dan menjalankan roda pemerintahan secara amanah, visioner, inovatif serta mampu menciptakan kerjasama yang sinergi dengan berbagai kalangan masyarakat dalam rangka membawa Kabupaten Takalar yang lebih baik,” ujar Syamsari.

“Saya harap ada kolaborasi untuk menuju kepada kemandirian fisikal,” harap orang nomor satu di Takalar itu.

Sementara itu, Sekretaris BPSDM Sulsel, Zuhaera Zubir mengatakan orientasi bakal berlangsung selama empat hari dari mulai 2-5 September 2019. Orientasi ini wajib diikuti para legislator terpilih.

“Dalam aturan tersebut, jelas bahwa setiap anggota DPRD kabupaten/kota wajib mengikuti orientasi yang dilakukan dan difasilitasi oleh BPSDM provinsi di seluruh provinsi di Indonesia,” kata Zuhaera.

Ditambahkan, dalam orientasi tersebut seluruh dewan akan dibekali dengan materi isu strategis daerah, fungsi tugas kewenangan dan hak hak dewan, hubungan kerja antara DPRD dan Kepala Daerah, wawasan kebangsaan, internalisasi integritas dan lain sebagainya.

“Kami harapkan orientasi ini dapat menjadi bekal dalam mengemban amanah rakyat di lembaga legislatif,” tutupnya.(*)