Kantor Imigrasi Bentuk Tim Pengawasan Orang Asing di Takalar

9

INTILIPUTAN, TAKALARРKantor imigrasi membentuk tim pengawasan orang asing (Timpora) di Kabupaten Takalar. Tujuannya, selain mengawasi aktivitas orang asing juga melakukan sosialisasi pada masyarakat mengenai regulasi yang mengatur keberadaan orang asing.

Pembentukan Timpora tersebut disambut baik Pemerintah Kabupaten Takalar. Sekretaris Daerah Takalar, H Arsyad mengatakan Takalar memiliki destinasi wisata dan investasi bisnis menjanjikan sehingga membuka dan menarik peluang orang asing masuk daerah tersebut.

“Sangat perlu adanya pengawasan orang asing mengingat Takalar mempunyai banyak destinasi wisata dan investasi bisnis,” kata Arsyad, dalam sambutannya pada acara Rapat Koodinasi dan Pembentukan Timpora di Takalar, Selasa (3/09/2019).

Dia mengatakan sosialisasi keimigrasian dan Timpora sangat baik karena keberadaan orang asing melakukan beragam kegiatan di wilayah hukum Indonesia perlu mendapat perhatian semua pihak. Oleh karena itu, koordinasi antar instansi terkait dalam rangka menyamakan persepsi dalam hal pengawasan di daerah sesuai dengan bidang tugas masing-masing mutlak dilakukan.

“Kita semua perlu bekerja sama ikut andil dalam melaksanakan pengawasan terhadap pelanggaran-pelanggaran WNA di negara kita. Untuk itu sangat diharapkan bantuan dari seluruh peserta sosialisasi untuk selanjutnya menginformasikan kepada masyarakat hal-hal yang berkaitan dengan keimigrasian,” ucapnya.

Selain Takalar, Kantor Imigrasi juga membentuk Timpora di Kabupaten Jeneponto. Kehadiran Timpora khususnya di Kabupaten Takalar dan Kabupaten Jeneponto sebagai wadah tempat tukar menukar informasi sehubungan dengan perlintasan, keberadaan dan kegiatan orang asing.(*)