Takalar Resmi Miliki Pusat Daur Ulang Sampah

6

INTILIPUTAN, TAKALAR– Bupati Takalar, H Syamsari meresmikan Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah yang berada di Desa Tamalate, Kecamatan Galesong Utara, Rabu (4/09/2019). PDU itu diberi nama PDU Tasamara.

Syamsari mengatakan PDU saat ini hanya ada tiga lokasi di Indonesia yakni di Aceh, Kota Surabaya dan Kabupaten Takalar. Ini merupakan langkah pemerintah untuk menciptakan pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan.

“Kita patut bersyukur, Takalar jadi tuan rumah penempatan sebuah proses yang disebut Proses Daur Ulang Sampah dan itu hanya ada tiga di Indonesia. PDU ini dibangun sesuai dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Takalar yang salah satunya adalah pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan dan berbasis di desa,” kata Syamsari.

Pada kesempatan tersebut, Syamsari berbagi ilmu bahwa sampah-sampah organik di PDU Tasamara’ tersebut bisa menjadi pekerjaan tersendiri, dimana sampah organik tersebut bisa dijadikan pupuk kompos yang dapat menjadi pendapatan tersendiri.

Dengan adanya PDU ini diharapkan mampu membuka lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, mengurangi pencemaran lingkungan, menghemat sumber daya alam, mencegah penyakit, serta menambah kreativitas dan keterampilan di masyarakat Kabupaten Takalar.

Dana PDU sendiri ini bersumber dari dana DAK Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tahun 2018. Proses pembangunannya dimulai sejak November 2018.

PDU ini sudah mulai beroperasi di bulan april 2019 dan sudah memperkerjakan 13 orang pekerja yang dikelola oleh Koperasi Bank Sampah Tasamara. Dalam PDU sendiri terdiri dari empat mesin yakni mesin pemilah, mesin pres plastik, satu set mesin pencacah sampah dan satu set mesin pelet untuk butiran organik.(*)