KPU Takalar Sebut Pemilu Serentak 2019 Melelahkan

4

INTILIPUTAN, TAKALAR– Ketua KPU Takalar, Muh Darwis menyatakan pelaksanaan Pemilu 2019 sangat melelahkan. Hal itu dikarenakan waktu pelaksanaan yang panjang dan lama untuk merampungkan seluruh proses tahapan pemilu.

“Pemilu 2019 merupakan pemilu yang paling melelahkan bagi seluruh penyelenggara. Hampir satu tahun berproses, mulai dari persiapan hingga seluruh proses tahapan-selesai yang tentunya menguras energi, tenaga dan pikiran,” kata Darwis, dalam sambutannya dalam Rapat Evaluasi Hasil Pemilu 2019 Kabupaten Takalar di Pantai Sampulungan Takalar, Sabtu (7/09/2019).

Puncak kelelahan penyelenggara pemilu pada momentum pemungutan suara. Petugas KPPS memiliki tugas cukup berat karena harus menuntaskan perekapan seluruh hasil pemungutan suara, surat suara presiden, DPR, DPD, hingga DPRD Provinsi Sulsel dan DPRD Kabupaten Takalar.

Lima jenis surat suara tersebut harus direkap sehingga membutuhkan waktu lebih lama dan ketelitian ekstra. Petugas cuma punya waktu istirahat untuk makan dan salat. Akibatnya, ada beberapa petugas yang dilaporkan jatuh sakit.

Kendati demikian, kata Darwis, proses pemungutan suara pemilu secara umum berjalan lancar. Para penyelenggara pun menjalankan tugasnya dengan baik.

“Anggota DPRD Takalar terpilih telah resmi dilantik. Tentu itu tidak terlepas dari peran serta dan juga kerja keras teman-teman penyelenggara,” ucapnya.

“Ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi kita semua, karena hingga seluruh proses tahapan selesai, teman-teman penyelenggara mampu tetap menjaga integritasnya,” tambah Darwis.(*)