Menerka Formasi PSM Setelah Kedatangan Ezra Walian

9

INTILIPUTAN, MAKASSAR– PSM Makassar berhasil merekrut striker baru, Ezra Walian. Pemain berusia 21 tahun tersebut bergabung dengan Tim Juku Eja setelah mengakhiri kerja sama dengan klub divisi dua Liga Belanda, Almere City FC.

PSM mengontrak Ezra dengan durasi kontrak 3,5 tahun. Penyerang naturalisasi yang juga pemain Timnas Indonesia U-23 itu menjadi pemain keempat yang menjalin kesepakatan bergabung dengan PSM.

Tiga pemain yang terlebih dulu bergabung yakni Firza Andika, Raphael Maitimo dan Amido Balde. Firza Andika direkrut setelah pemain berusia 20 tahun berstatus tanpa klub. Firza sejatinya sempat membela klub Belgia, AFC Tubize.

Sementara, Raphael Maitimo ditarik berseragam PSM setelah klub yang diperkuat sebelumnya, PSIM Yogyakarta memutus kontraknya. Sama halnya dengan Amido Balde yang tak diperpanjang kontraknya oleh Persebaya Surabaya.

Kedatangan tiga pemain ini tentu saja mengubah peta kekuatan dalam formasi AC Milan. Lalu, seperti apa kira-kira formasi PSM dengan tambahan tiga pemain baru ini?

Formasi 4-4-2

Kiper

Rivky Mokodompit sepertinya tetap menjadi pilihan utama dibawah mistar gawang. Untuk pilihan pelapis, PSM memiliki kiper muda dengan penampilan yang mengesankan, Hilmansyah.

Belakang

Duet Aaron Evans-Abdul Rahman dilini pertahanan masih belum tergantikan. Sama halnya dengan posisi bek kanan yang ditempati Asnawi Mangkualam. Hanya di bek kiri yang terjadi persaingan ketat.

Kedatangan Firza Andika tentu mengusik posisi Beny Wahyudi dan Taufik Hidayat yang selama ini saling mengisi posisi itu. Peluang Firza memiliki cukup besar untuk berada di sektor kiri mengingat pelatih Darije Kalesic lebih suka memainkan pemain muda.

Tengah

Trisula lini tengah PSM selalu diisi Marc Klok, Wiljan Pluim dan Rizky Pellu. Jika tak mendapat larangan bermain, Marc Klok dan Wiljan Pluim menjadi pilihan utama. Rizky Pellu sering bergantian dengan Muh Arfan.

Hadirnya Raphael Maitimo tentu saja memperketat saingan lini tengah. Yang menarik jika Marc Klok, Wiljan Pluim dan Raphael Maitimo berkolaborasi di sektor tengah sehingga melahirkan Trio Belanda.

Depan

Untuk posisi depan, PSM mengandalkan Amido Balde. Namun, kehadiran Ezra Walian tentu menjadi posisi ujung tombak lebih bervariasi. Jika keduanya tak tampil maksimal, Ferdinand Sinaga siap diturunkan menjadi penyerang.(*)