4 Tips Bangun Pagi Bebas Belek alias Kotoran di Sudut Mata

4

INTILIPUTAN, JAKARTA– Mau bangun tapi mata lengket gara-gara belek? Ups, jangan sampai ya. Belek atau kotoran mata sebetulnya hasil proses biologi tubuh yang normal.

Belek berasal dari proses perlindungan mata menghadapi kotoran atau benda asing lain dengan air mata dan cairan lain. Dalam keadaan mata terbuka, hasil perlindungan bisa hilang saat berkedip.

“Namun saat tidur, kita tidak mungkin kedip supaya kotoran ini bisa hilang. Akibatnya, kotoran berkumpul di pojok dan bulu mata yang terlihat dan mengganggu saat bangun tidur,” kata dokter mata Aimee Haver dikutip dari situs Cleveland Clinic.

Supaya mata tidak terlalu banyak belek hingga susah melek di pagi hari, berikut 4 tipsnya.

1. Hapus sisa riasan

Sebelum tidur pastikan telah menghapus semua makeup, terutama riasan mata. Riasan bisa dihapus dengan makeup remover atau sampo bayi pada handuk yang lembab. Selain handuk bisa juga digunakan kain lembut lainnya. Sampo bayi biasa digunakan untuk membersihkan maskara atau eyeliner dari sekitar mata.

2. Jangan sembarangan menyentuh mata

Sangat disarankan tidak sembarangan menyentuh muka, mata, dan kelopak mata. Bila ingin menyentuh sebaiknya pastikan tangan dalam keadaan bersih atau tidak melakukannya dengan tangan kosong. Sembarangan menyentuh meningkatkan risiko masuknya kotoran ke dalam mata dan menjadi belek.

3. Kotoran mata jangan asal dikorek

Kotoran mata biasanya disingkirkan dengan dikorek menggunakan ujung jari telunjuk. Sayangnya tidak ada yang tahu bakteri, virus, atau organisme lain yang hidup di areal tersebut hingga terjadi infeksi. Bila ada kotoran di mata, sebaiknya disingkirkan dengan kain halus yang hangat dan lembab.

4. Segera ke dokter

Belekan sebetulnya hal biasa, namun wajib waspada jika lebih banyak daripada biasanya. Apalagi jika berubah warna menjadi kuning atau hijau disertai kepekaan sinar, penglihatan kabur, sakit mata, bengkak, merah, dan demam. Kondisi tersebut mungkin menandai adanya gangguan di mata.(dtk)