Pelajar SLB Ikuti Workshop Penerapan Sekolah Madrasah Aman Bencana

3

INTILIPUTAN, TAKALAR– Pelajar Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Mappakasunggu mengikuti Workshop Persiapan Penerapan Sekolah Madrasah Aman Bencana (SMAB) yang digelar di sekolah tersebut, Rabu (11/09/2019). Kegiatan itu dibuka oleh┬áStaf Ahli Bidang Politik, Hukum dan HAM Darwis.

Darwis mengatakan tanggungjawab pendidikan tidak hanya terletak ditangan pemerintah tetapi semua elemen termasuk masyarakat.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada peserta untuk tanggap terhadap bencana. Pada saat terjadi kita semua tahu bagaimana menyelamatkan diri masing-masing sehingga meminimalkan terjadinya korban,” kata Darwis.

Ia berharap dengan adanya program Penerapan SMAB semua pemangku kepentingan bisa membangun budaya siaga, budaya aman dan budaya pengurangan risiko bencana, mampu menyebarluaskan dan mengembangkan pengetahuan kebencanaan melalui jalur pendidikan.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, H Muh Kasim dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan berlangsung sehari dengan jumlah peserta kurang lebih 50 orang dari lingkup SLB Negeri 1 Mappakasunggu, Koramil dan BPBD Takalar.

Dilaporkan pula melalui pendidikan ini diharapkan agar upaya pengurangan risiko bencana dapat mencapai sasaran yang lebih luas dan dapat diperkenalkan secara lebih dini kepada seluruh peserta didik, guru dan tenaga kependidikan, dengan mengintegrasikan pendidikan pengurangan risiko bencana ke dalam kurikulum sekolah maupun kedalam kegiatan ekstrakurikuler.(*)